Pemasangan Sirine dan Gladi Tsunami di Desa Pasar Seluma

Tais,23 Agustus 2021

Bertempat di desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, BPBD Kabupaten Seluma bekerjasama dengan BNPB dan Universitas Gadjah Mada melakukan uji fungsi sirine Tsunami. Peralatan ini berfungsi sebagai peringatan dini terhadap potensi bahaya tsunami. Prinsip kerja peralatan ini adalah peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG, kemudian diteruskan kepada masyarakat melalui perangkat yang ada di Pusdalops BPBD Kabupaten Seluma. Adapun mode yang dipergunakan adalah gabungan antara sinyal GSM dan Radio Frequency. Gabungan ini akan memberikan pilihan jika terdapat kendala pada gangguan sinyal GSM.
Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seluma, Arben Muktiar.,M.Si mengucapkan rasa terima kasih yang tidak terhingga atas kepercayaan yang telah diberikan BNPB dan berharap dapat diberikan kesempatan serta bantuan untuk fase-fase penanggulangan bencana.
Tidak hanya peralatan, pada hari Minggu tanggal 24 Agustus 2021 juga dilakukan uji fungsi dan gladi simulasi melibatkan para warga, BPBD dan relawan dengan difasilitasi langsung oleh Fasilitator UGM.

Post Author: bpbdseluma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.