Rapat Rencana Relokasi Desa Padang Bakung-Kec Semidang Alas Maras

Selasa, 24 Mei 2022

Rapat Relokasi Desa Padang Bakung

Tais,Bertempat di Ruang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seluma diselenggarakan rapat rencana relokasi desa Padang Bakung. Rencana ini diusulkan mengingat bencana gelombang ekstrim berupa banjir rob yang kerap melanda kawasan ini. Dalam kesempata ini, turut dihadir oleh Perwakilan dari perangkat Desa Padang Bakung, Unsur BPD Desa Padang Bakung, Perwakilan Kecamatan Semidang Alas Maras, Perwakilan Dinas Perumahan dan Permukiman Kab Seluma dan BPBD.
Dalam sambutannya, Mirin SH,MH selaku Kepala Pelaksana BPBD menyampaikan rencana usulan sebagai bagian dari strategi untuk mitigasi terhadap gelombang esktrim dan tsunami. Menurutnya, mitigasi struktur yang telah dilakukan berupa pembangunan pengaman pantai/breakwater memerlukan sumberdaya yang tidak sedikit, sehingga diperlukan strategi lain yang dapat mengatasi dampak lebih luas.


Kades Desa Padang Bakung, Epson Heri menyampaikan bahwa masyarakat sangat mendukung rencana yang disampaikan dan telah melakukan berbagai persiapan. Menurutnya laporan yang telah disampaikan telah ditindak lanjuti dengan melakukan pendataan terhadap masyarakat yang terkena dampak dan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Perumahan dan Permukiman Kab Seluma. Namun memang masih banyak data-data yang harus divalidasi lagi seperti fasilitasi umum yang belum terdata ke dalam laporan.


Dinas Perumahan dan Permukiman Kab Seluma yang diwakili oleh Azfit Ariyanto. ST dan Nazarudin ST menyambut baik inisiasi yang dilakukan dan akan bersinergi dengan pemangku kepentingan lain sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan banjir rob di kawasan Desa Padang Bakung.

Di akhir rapat disepakati, bahwa Pemerintah Desa akan mensosialisasikan program ini ke masyarakat dan Pemerintah Kab Seluma akan segera membentuk Tim untuk melakukan penilaian terhadap rencana usulan ini.

Post Author: bpbdseluma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.